ACADEMIC PAPER OF HYPERLINK


A.    PENDAHULUAN
Teknologi merupakan alat atau media yang berfungsi untuk mempermudah manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Di Indonesia khususnya, teknologi telah berkembang dengan pesatnya. Jika kita tidak bisa mengikuti arus perkembangan teknologi, maka kita bisa di bilang “ketinggalan jaman”. Kita sebagai calon guru tidak hanya wajib memahami materi yang akan diajarkan kepada siswa akan tetapi juga harus pandai memanfaatkan teknologi sebagai sarana dalam proses belajar mengajar. Misalnya, pemanfaatan Hyperlink dalam menu Microsoft Word.
Hyperlink merupakan salah satu menu dalam Microsoft Word yang berfungsi untuk menggabungkan satu file ke file yang lain. Dengan menggunakan Hyperlink, guru akan lebih mudah dalam mempresentasikan materi yang akan diajarkan.

B.     ISI
Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program, atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink digunakan untuk menunjukkan lokasi lain dari dari teks atau objek yang dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen, file, objek, aplikasi, halaman web dan sebagainya.  Pemanfaatan fasilitas hyperlink sangatlah penting, selain efisien juga sangat efektif dalam proses presentasi Anda
Langkah-langkah membuat hyperlink:
1.      Buka menu Microsoft Word dan buat 10 lembar kerja dengan judul masing-masing berededa. Misalnya : PELAJARAN 1, PELAJARAN 2, dst.
2.      Klik Save untuk menyimpan kesepuluh tersebut dalam satu folder yang sama.

3.      Buka 1 menu Microsoft Power Point dan buat satu lembar kerja. Dalam lembar kerja tersebut, tulislah DAFTAR ISI  sebagai judul. Kemudian tulislah PELAJARAN 1, PELAJARAN 2, dst.
4.      Klik Save untuk menyimpan dalam satu folder yang sama dengan kesepuluh lembar kerja Microsoft Word.
5.      Untuk menghubungkan file dari Microsoft Power Point ke dalam lembar keja Microsoft Word menggunakan langkah sebagai berikut :
v  Block PELAJARAN 1 pada lembar kerja Microsoft Power Point
v  Klik Insert Hyperlink

v  Akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini:

Pada Current Folder, klik PELAJARAN 1 kemudian klik OK.
v  Lakukan cara ini sampai lembar kerja kesepuluh dan simpan dalam satu folder yang sama.
6.      Untuk mengembalikan file Microsoft Word ke DAFTAR ISI dalam Microsoft Power Point dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
v  Buat tulisan DAFTAR ISI di atas judul dalam Microsoft Word
v  Block DAFTAR ISI
v  Klik Insert Hyperlink

v  Akan muncul kotak dialog sebagai berikut:

v  Pada current folder, klik DAFTAR ISI kemudian OK.
v  Lakukan sampai lembar kerja kesepuluh kemudian simpan pada satu folder yang sama.
7.      Untuk menampilkan atau mempresentasikan materi, buka lembar kerja DAFTAR ISI pada Microsoft Power Point Slide Show arahkan kursor ke tempat hyperlink sesuai file yang akan dipresentasikan.

C.    PENUTUP
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, kita sebagai calon guru dituntut untuk lebih memahami dan dapat memanfaatkan tekonologi sebagai sarana dalam proses belajar mengarjar. Seperti pembahasan di atas, menu Hyperlink dalam Microsoft Word sangat berguna bagi seorang guru dalam mempresentasikan materi pelajaran di kelas.
Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai Hyperlink dan langkah-langkah menggunakannya. Penulis berharap akademik paper ini dapat bermanfaat bagi calon guru masa depan maupun semua pembaca yang akan mempresentasikan hasil kerjanya dengan menggunakan Hyperlink.
Terimakasih.


0 komentar:

Posting Komentar